Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gejala Panas Dalam

Sebelum mengobati panas dalam, sebenarnya perlu memperhatikan kondisi tubuh. Artinya, kondisi kesehatan tubuh bisa terjaga. Panas dalam awal muncul pada saat cuaca ekstrim yang tentunya sangat tidak mendukung dengan kondisi tubuh anda. Hal ini tentu disebabkan oleh daya tahan tubuh tidak normal. Akan tetapi, gejala panas dalam yang dialami tentu bisa kita atasi dengan cara mudah tanpa harus ke dokter. Maka dari itu, dari pada harus mengobati, tentu baiknya dapat menjaga kondisi daya tahan tubuh agar panas dalam dapat teratasi.

Cara mengobati panas dalam

Gejala panas dalam biasanya sering sekali terjadi pada individu yang daya tahan tubuhnya tidak kuat. Daya tahan tubuh bukan berarti tubuh yang kekar atau berisi, melainkan tubuh yang cukup nutrisi. Mungkin anda sering mengalami panas dalam hanya karena cuaca yang tidak mendukung. Walaupun secara umum panas dalam diawali dari cuaca ekstrim, juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak fit. Sehingga sedikit berubah cuaca, panas dalam langsung kambuh.

Nah, bila penjelasan di atas sangat sesuai dengan kondisi anda saat ini. Maka, mari meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Kami tidak memaksa anda, melainkan hanya sedikit memberi titik terang terkait dengan penyebab panas dalam yang dialami saat ini. Dengan demikian, maka anda pun bisa menghindari dari gejala panas dalam.

Penyebab Panas Dalam
Secara garis besar, panas dalam dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), sering konsumsi makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, dan juga bisa disebabkan karena cuaca yang tidak mendukung. Gejala panas dalam dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres.

Secara tradisional, panas dalam dapat disebabkan juga oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan juga dingin. Apa lagi saat tubuh sedang lelah yang mengeluarkan banyak keringat dan anda langsung minum air dingin atau makanan berminyak. Hal ini tentu sangat tidak mendukung dengan kondisi tubuh anda sehingga dapat memicu panas dalam.

Adapun beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan panas dalam yakni sebagai berikut:
  1. Kurangnya asupan vitamin C dan serat
  2. Daya tahan tubuh lemah
  3. Kondisi cuaca yang bertolak belakang dengan kondisi tubuh anda
  4. Dehidrasi yang disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh
  5. Sering konsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan dan juga makanan yang berlemak tinggi
  6. Ketidakstabilan hormone dalam tubuh
  7. Aktivitas yang bisa membuat suhu tubuh anda dapat meningkat

Baca Juga: Solusi Yang Sering Mengalami Sariawan

Efek Samping Panas Dalam
Sebagaimana dijelaskan di atas, ternyata penyebab panas dalam juga banyak faktor. Artinya, tidak hanya karena cuaca yang tidak mendukung, melainkan juga kelelahan yang dikarenakan oleh aktivitas anda sendiri juga dapat memicu panas dalam. Selain itu juga bisa berdampak dari konsumsi makanan, antara lain makanan gorengan, lemak, daging, cabai, jahe, dan sebagainya. Sedangkan stres juga bisa berdampak pada jam makan jadi kacau, hormon tidak stabil sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Lalu apa saja dampak dari panas dalam?

Berikut ini dampak yang sering dialami akibat panas dalam yakni di bawah ini:
  • Demam
  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Sakit gigi
  • Meriang
  • Hidung sumbat
  • Pikiran kacau
  • Nyut nyutan
  • Pencernaan tidak normal
  • Batuk batuk
  • Sariawan
  • Tenggorokan sakit

Mengobati Panas Dalam
Wah ternyata banyak sekali efek samping yang disebabkan oleh panas dalam. Maka, untuk menghindari dari penyakit yang ada, perlu meredakan panas dalam dengan segera bukan? Panas dalam dapat disepelekan, bila kondisi tubuh anda sedang fit yang tidak berdampak pada daya tahan tubuh. Artinya, cukup minum air mineral sebagaimana disarankan dan juga menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan juga buah buahan yang mengandung vitamin dan mineral.

Namun, bagi mereka yang sangat sensitif dengan kondisi tubuh. Maka, sangat disarankan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dengan cara mencukupi nutrisi dan vitamin yang diperlukan seperti vitamin C. Dengan demikian, secara tidak langsung maka anda sudah dapat menghindari diri dari gejala panas dalam.

Berikut ini informasi persembahan “Klik Sehat” terkait dengan cara alami mengobati panas dalam yakni di bawah ini:
  1. Minum air kelapa muda.
    Air kelapa muda sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi panas dalam. Hal ini dikarenakan, kandungan yang terdapat pada air kelapa muda adalah protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, dan juga vitamin C. Air kelapa muda ini juga mampu mengganti ioan tubuh anda yang hilang, sehingga cairan dalam tubuh kembali normal.
  2. Madu dan perasan lemon.
    Siapa sih yang tidak tahu dengan manfaat madu? Kami rasa kandungan yang terdapat pada madu sudah diketahui banyak orang, maka dari itu tidak salah, madu menjadi salah satu alternatif sebagai obat tradisional yang sangat dijaga untuk berbagai penyakit. Apa lagi panas dalam, madu menjadi solusi untuk mengatasinya. Lalu bagaimana dengan lemon? Tentu sangat baik sekali bila madu dan lemon dikombinasi menjadi satu. Cukup satu sendok makan madu dan diteteskan sedikit lemon sudah sangat komplit untuk mengobati panas dalam secara alami.
  3. Air putih dan perasan lemon.
    Air putih yang sudah ditetes sedikit lemon rasanya tentu sudah berbeda. Dengan rasa yang ada, tentu sudah menjadi obat tradisional yang dapat mengatasi gejala panas dalam. Kandungan vitamin C pada lemon menjadi solusi yang tepat untuk meredakan panas dalam dalam keadaan mana pun.
  4. Rambut jagung muda.
    Nah, mungkin bagi anda yang baru mendengarnya terdengar lucu bukan? Toh rambut jagung ini sering diabaikan, bahkan dianggap sebagai sampah yang tidak mungkin dimakan. Lalu bagaimana dengan zat aktif yang ada pada rambut jagung muda, penasaran? Ketahuilah, ternyata pada rambut jagung muda ini memiliki kandungan berupa potassium, kalsium, fosfor, vitamin B2, vitamin C, dan juga vitamin K. Dengan kandungan yang ada, tentu masalah panas dalam bisa teratasi.
  5. Buah buahan.
    Kita tahu yang bahwa buahan sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Namun, untuk mengatasi panas dalam, maka diperlukan memilih beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C. Karena, dengan vitamin C ini akan menjaga daya tahan tubuh menjadi normal. Dan masalah panas dalam tentu akan jauh.

Demikian cara alami mengobati panas dalam. Saran yang baik adalah sebelum panas dalam parah, maka baiknya ikuti cara mengatasinya agar tidak mengalami dampak buruk dari panas dalam yang dialami. Maka dari itu, lebih baik menghindari sebelum mengharuskan mengobati panas dalam. Hal ini tentu dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak berdampak pada panas dalam. Itulah yang dapat kami paparkan pada pengunjung setia “Klik Sehat” terkait dengan panas dalam dan cara mengobatinya.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Gejala Panas Dalam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel