12 Jenis Buah Paling Ampuh Turunkan Kolesterol

Buah penurun kolesterol tinggi dalam tubuh | Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit lainnya bahkan yang paling menakutkan lagi dengan adanya kadar kolesterol yang berlebihan, maka berisiko stroek, jantung, dan juga darah tinggi. Tidak sedikit diantara penderita kolesterol tinggi mengalami kematian mendadak dikarenakan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi. Dengan kondisi demikian, maka berbagai cara pun dicari untuk mendapatkan solusi yang tepat. Sehingga sejauh ini dipercaya diantara banyak buah, ada beberapa jenis buahan yang mampu melawan kolesterol jahat sehingga dapat kembali normal.

Banyak cara yang dilakukan oleh penderita kolesterol tinggi, selain mengatur pola makan yang sehat juga mengandalkan buah segar sebagai penurun kolesterol. Konsumsi buah segar dipercaya sebagai cara alami dan efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dan bisa melawan kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi buah segar pun akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal tanpa efek sampan dalam hal menurunkan kadar kolesterol.

Buah segar yang mampu melawan kolesterol jahat

Daftar buah penurun kolesterol tinggi dalam tubuh
Berbicara buah untuk kolesterol, lalu apa saja buah yang dapat melawan kolesterol jahat? Berikut ini daftar buah yang sangat efektif menurunkan kolesterol tinggi persembahan klik info sehat sebagai info terhangat hari ini di bawah ini:
  1. Alpukat
    Alpukat dikenal sebagai buah yang sangat banyak kandungan lemak dan banyak yang beranggapan tidak cocoh untuk buah penurun kolesterol. Perlu anda ketahui, alpukat mengandung lemak sekitar 16%. Namun, lemak yang ada merupakan lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal.
    Buah alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini terbukti lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein). Tidak hanya itu, buah penurun kolesterol ini, ternyata baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena pada alpukat terdapat banyak mengandung omega-9 dan serat. Oleh karena itu, khasiat yang ada, mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.
  2. Tomat
    Perlu anda ketahui, alasan tomat termasuk buah penurun kolesterol dikarenakan, berdasarkan laporan riset di jurnal Maturitas, menyebutkan tomat yang sudah dimasak memiliki khasiat yang luar biasa dan hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol yakni statin (obat gangguan jantung). Kelebihan pada tomat adalah tidak memberi efek samping yang buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf.
    Kandungan yang berkhasiat pada tomat ini terdapat di senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang mampu mengurangi resiko stroke dan juga serangan jantung. Selain itu, tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  3. Jeruk nipis
    Apa saja yang terdapat pada jenis buah penurun kolesterol ini? Buah yang sering digunakan sebagai penyedap rasa. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga secara otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu, jeruk nipis mengandung vitamin C yang tentunya sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga sering digunakan sebagai bahan herbal kecantikan. Sebagai buah penurun kolesterol dan juga pereda panas dalam, pengolahannya cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukan ke dalam gelas. Lalu tuangkan air hangat lalu diminum sampai habis.
  4. Apel
    Buah yang menyehatkan dan sering disebut sebagai buah untuk diet. Dari berbagai penelitian menyebutkan, mengonsumsi 2 buah apel setiap hari mampu menurunkan kadar LDL dalam darah hingga 40%, lebih efektif dibanding obat-obatan kimia yang mengandung polifenol. Apel juga mengandung banyak betaglucan yang tentunya bermanfaat mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh.
  5. Mangga
    Buah mangga juga termasuk buah yang sangat efektif menurunkan kolesterol tinggi. Pada buah mangga mengandung banyak serat prebiotik yang akan membantu melawan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, kandungan lainnya adalah pectin dan vitamin C yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa teratasi.
  6. Jambu Biji Merah
    Jus jambu merah dipercaya sebagai asupan yang baik bagi penderita demam berdarah. Selain itu, jambu biji merah juga ternyata salah satu buah penurun kolesterol yang sangat efektif. Hal ini karena jambu merah terdapat banyak kandungan vitamin dan juga senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, karotenoid dan juga selenium.
    Antioksidan Flavonoid yang ada mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Berdasarkan penelitian, konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dengan dosis terukur mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 52,64% dari total dan 82,23% LDL. Selain kandungan yang ada, jambu merah juga mengandung likopen, akan tetapi tidak sebanyak kandungan yang terdapat pada tomat.
  7. Anggur
    Mengapa disebut sebagai buah kolesterol? Perlu anda ketahui, kandungan yang terdapat pada buah anggur ini adalah serat dan berbagai jenis senyawa flavonoid serta zat catechin yang tentunya sangat efektif menurunkan kolesterol LDL. Buah anggur juga mampu meningkatkan kolesterol kembali normal. Untuk itu, bagi penderita kolesterol tinggi tidak salah memilih buah anggur sebagai buah segar untuk dikonsumsi baik itu secara langsung maupun diolah menjadi jus anggur untuk diminum.
  8. Blueberry
    Buah blueberry dikenal sebagai buah penurun kolesterol tinggi karena, kandungan yang terdapat merupakan senyawa Pterostilben, hal ini mampu merangsang protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan sebagai penurun kolesterol dan lemak tubuh lainnya. Konsumsi buah blueberry sama halnya dengan konsumsi obat dokter, artinya khasiat yang ada bertujuan untuk menurunkan kolesterol jahat. Yang membedakannya adalah, konsumsi buah segar tentu tidak ada efek samping sama sekali.
  9. Buah Delima
    Buah delima banyak dikunsumsi dalam bentuk jus delima kemasan, hal ini dikarenakan kandungan yang ada mampu menurunkan kadar kolesterol. Padahal, buah delima ini sangat mudah kita dapatkan, namun paling malas mengolah sendiri dan dijadikan sebagai buah sehat penurun kolesterol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan National Academy of Sciences (AS) membuktikan bahwa jus delima mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi timbunan plak pada arteri. Kandungan antioksidan yang ada, kabarnya mencapai tiga kali lipat lebih banyak dibanding anggur merah.
  10. Buah Zaitun
    Buah zaitun juga dikenal sebagai buah yang menyehatkan dan juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Selain kaya dengan kandungan zat antioksidan (hydroxytyrosol), buah zaitun dikenal sebagai buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kabar baik dari buah segar ini juga mampu menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Tidak ahanya itu, buah ini juga  sangat baik dikonsumsi karena menjaga kesehatan jantung dengan kandungan yang ada seperti, asam lemak tak jenuh tunggal dan juga vitamin E. manfaat ini tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.
  11. Buah Pir
    Buah pir dikenal sebagai buah penurun kolesterol dikarenakan kaya sumber serat larut air yang sangat baik. Serat larut dan membentuk substansi ini seperti gel termasuk pektin. Perlu anda ketahui, pada buah segar ini mengandung pektin yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel. Oleh karenanya buah pir juga dianggap sebagai buah penurun kolesterol jahat. Pektin dalam pir juga membantu pembersihan usus dan melancarkan buang air besar.
  12. Pisang
    Pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low density lipoprotein (LDL) atau disebut dengan kolesterol “jahat”. Selain itu, kandungan yang terdapat pada buah pisang yakni kalium, dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat serta dapat menyehatkan jantung anda.

Demikian informasi persembahan dari klik info sehat terkait dengan daftar buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Jenis buahan ini tentu yang banyak kandungan serat serta lemak sehat, bahkan kandungan senyawa lainnya berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Semoga bermanfaat dan berguna untuk pengunjung nusantara.

Belum ada Komentar untuk "12 Jenis Buah Paling Ampuh Turunkan Kolesterol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel